Ratusan Buruh dan Mahasiswa mendatangi Gedung DPRD Kab. Ketapang pada hari Rabu pagi ta nggal 1 Mei 2019. Kedatang Buruh dan Mahasiswa tersebut dalam rangka menyampaikan Aspirasi Buruh yang bertepatan dengan Hari Buruh Nasional. Meskipun dihari libur kedatangan mereka yang dikawal Aparat keamanan dari Polres Ketapang dan Kodim 1203 Ketapang serta PolPP Ketapang tersebut tetap diterima oleh Wakil Ketua DPRD Ketapang Jamhuri Amir, SH. dihalaman Kantor DPRD Ketapang. Selain menyampapaikan Orasinya buruh dan Mahasiswa tersebut juga menyerahkan Pernyataan Sikap dan tuntutan pekerja/buruh sekabupaten Ketapang yang diserahkan oleh Ketua Federasi Serikat Buruh Sejahtera (SBSI) Kabupaten ketapang Lusminto Dewa bersama sekretarisnya Nasrun kepada Pemerintah kabupaten Ketapang yang diterima Wakil Ketua DPRD Ketapang Jamhuri Amir, SH dan Perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja Kab. Ketapang Uday. Pernyataan sikap dan tuntutan pekerja/buruh dihari May Day berisikan :

  1. Pemerintah wajib mengawasi pelaksanaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, secara menyeluruh bagi tenaga kerja di setiap perusahaan.
  2. Pemerintah harus menambah tenaga mediator yang ada di Dinas Ketenaga Kerja, agar kasus-kasus ketenagakerjaan cepat terselesaikan.
  3. Pemerintah wajib mengawasi pelaksanaan tentang pembayaran upah terhadap pekerja, minimal sesuai dengan UMK dan UMSK Kabupaten Ketapang.
  4. Meminta kepada Pemerintah agar mengembalikan fungsi kepengawasan ketenagakerjaan kembali ke Kabupaten.
  5. Meminta pelaksanaan sistem penerapan PKWT yang benar dan harus sesuai dengan aturan.
  6. Meminta pengawasan pembayaran THR harus sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pemerintah.
  7. Meminta pengawasan agar menegaskan perusahaan untuk memberikan alat pelindung diri kepada pekerjanya.
  8. Pemerintah dan Pengusaha wajib menjamin hak dan kesejahteraan putra-putri daerah untuk dapat bekerja dengan mudah diperusahaan yang ada di daerah asalnya sesuai dengan keahlian masing-masing.

Selesai melakukan Aksi dan orasi serta melakukan photo bersama Wakil Ketua DPRD Jamhuri Amir, SH dan Kapolres Ketapang AKBP Yury Nurhidayat, buruh dan mahasiswa tersbut meninggalkan Gedung DPRD dengan tertib.