Sambutan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Bpk
H. Agus Hendri SE.,M.Si

Wakil Ketua DPRD Kab. Ketapang Junaidi, SP.,M.Si. hadiri undangan Festival Pangan Lokal. Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), dengan Tema “Mendorong Penerapan Konsumsi Pangan Lokal yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman yang Bernilai Komersial”
Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Ketapang Jalan Agus Salim No.01 Kecamatan Delta Pawan Kab. Ketapang, Selasa 25 Juni 2019, dimulai Pukul 09:30 Wib, dihadiri Sekda H. Farhan,SE.,M.Si,(Mewakili Bupati Ketapang),Asisten I Sekda Donatus Franseda, AP.,MM., Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan H. Agus Hendri SE.,M.Si,Ibu Ketua Tim PKK Hj. Suwarni Suprapto dan Wakil Ketua Tim PKK, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan Se-Kabupaten Ketapang, Kapten Inf. Kadarudin mewakil Dandim 1203 Ketapang, Kejaksaan Negeri Ketapang , Kasubag Saspras Polres Ketapang Slamet Kusuma.W, Unsur FORKOPIMDA, Staf Alhi Bupati Ketapang, Kepala Badan, Kepala Dinas, Para Camat Se-Kabupaten Ketapang, Para peserta Lomba,dan tamu Undangan.

Acara kegiatan diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan yang bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kab. Ketapang serta diikuti, perwakilan Kader PKK seluruh Kecamatan. Tujuan kegiatan ini sebagaimana salah satu cara menciptakan sumber daya manusia berkualitas dan unggul, dengan memperbaiki kualitas konsumsi pangan masyarakat. Konsumsi pangan berkualitas, apabila makanan yang dicerna banyak mengadung zat gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, oleh karena itu kita perlu komposisi makanan yang ideal seperti pada kelompok Umbi-umbian, pangan hewani, sayuran dan buah serta kacang-kacangan.

Sesuai yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor : 18 Tahun 2012, Tentang Pangan, “Bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia paling utama dan pemenuhan pangan merupakan hak asasi masyakat”. Sehubungan dengan hal ini , tentunya diperlukan upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat. Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Ketapang sangat menyambut baik Pelaksanaan Festival Pangan Lokal B2SA ini,

“Jadi Ibu-ibu rumah tangga, bukan sekedar meningkatkan wawasannya, tetapi juga semakin kreatif dan inovatif dalam mengolah dan mengkreasikan bahan makanan hingga dampaknya bisa jadi bisnis rumah tangga /Kuliner, bisa juga dalam bentuk Lunchbox” Ujar Sekda H. Farhan,SE.,M.Si saat membacakan sambutan Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan H. Agus Hendri SE.,M.Si dalam laporannya sebagai panitia pelaksana mengatakan bahwa Tujuan dari kegiatan ini merupakan Promosi olahan pangan lokal dan penerapan pangan lokal bergizi, seimbang dan aman.

Selain itu moment tersebut tepat dengan kegiatan pameran pembangunan, sehingga bapak ibu dari kecamatan dapat hadir dalam kegiatan ini. “Adapun peserta yang mengikuti Festival Pangan ini sebanyak 20 dari 30 Tim PKK tingkat Kecamatan, dari hasil seleksi penilaian akan di kirim ke pusat sebanyak 2 orang peserta”.Ujar H. Agus Hendri *(Feri Humpro DPRD).