Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ketapang Junaidi SP.,M.Si, menghadiri Pembukaan Turnamen Sepak Bola Piala Bupati Tahun 2019, yang secara resmi dibuka oleh Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos, di Stadion Olahraga Panglima Tentemak Jalan Gatot Subroto Payak Kumang Ketapang, selasa 9 Juli 2019 pukul 13.00 WIB. Hadir juga dalam acara pembukaan tersebut Wakil Bupati Ketapang Drs. H. Suprapto, S., Wakapolres Ketapang Kompol Pulung Wietono,S.IK, Dandim 1203, Sekdaa Ketapang H. Farhan, SE.,M.Si, Forkopimda Kabupaten Ketapang, Para Kepala OPD, Para Camat Se-Kabupaten Ketapang, Ketua KONI dan PSSI Kabupaten Ketapang, Para Tim Sepak Bola Se-kecamatan Kabupaten Ketapang, tamu undangan serta pada tokoh masyarakat. 
Sebelum pada acara inti, aktraksi Barongsai menghibur para tamu undangan dilanjutkan Tarian Budaya oleh Siswa-siswi Para Pelajar, diiringi Drum Band Perwakilan dari SMA Negeri 3 Ketapang memeriahkan acara Kegiatan.

Turnamen Sepak Bola Piala Bupati Ketapang Tahun 2019 diselenggarkan oleh Dinas Pemuda dan olahraga Kabupaten Ketapang bekerjasama dengan Pengurus Asosiasi PSSi kabupaten Ketapang guna mencari bibit-bibit atlet wilayah Kabupaten Ketapang khususnya olahraga Sepakbola.
Ketua Panitia Penyelenggara R. Setyo Hadipurwo, S.Sos dalam sambutanya mengatakan bahwa dasar pelaksanaan Kegiatan sesuai Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005, tentang Sistem Keolahragaan Nasional dan Keputusan Bupati Ketapang Nomor : 351/DISPORA-D, tanggal 10 Juni 2019. Kegiatan pettandingan dimulai tanggal 9 Juli sampai dengan 9 Agustus 2019, yang diikuti 40 Tim Kesebelasan terdiri dari 20 tim perwakilan tingkat Kecamatan dan 20 tim yang berasal dari umum yang akan memperebutkan Pemenang dengan Sistem gugur (Knock Out System).


Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos. dalam sambutannya mengatakan bahwa ajang Turnamen yang diselenggarakan merupakan Turnamen yang ke IV diselenggarakan dimasa kepemimpinan-nya, dimana kesempatan inilah untuk menguatkan tekad meraih prestasi, yang dapat dijadikan tiket mencapai puncak keberhasilan kedepan pada kejuaraan yang lebih besar. Bupati mengingat bahwa Kabupaten Ketapang mendapat kepecayaan dari Asosiasi PSSI Provinsi Kalimantan Barat untuk menjadi tuan rumah diselenggarakannya Kompetensi di level U-23 pada bulan Agustus mendatang. Tahun ini setiap tim wajib mengikut sertakan minimal 3 orang pemain dibawah usia 23 tahun atau kisaran kelahiran tahun 1996 guna persiapan Kompetensi di level U-23 nanti.

“Saya berharap Pengurus Cambang Olahraga Sepakbola (PSSI) Kabupaten Ketapang agar terus berkoordinasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga untuk menindaklanjuti kegiatan dengan Program-program lain yang akan menyinambungkan proses pembinaan bibit-bibit sepakbola yang potensial yang lahir dari kejuaraan ini” himbau Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Si.

Turnamen Sepakbola Piala Bupati Ketapang resmi dibuka dengan penekanan tombol sirine secara bersama-sama oleh Bupati Ketapang , Wakil Bupati Ketapang, Wakil Ketua DPRD Kab. Ketapang, Dandim 2013, Waka Polres Ketapang dan Ketua Tim Penyelenggara Turnamen Sepakbola Piala Bupati Ketapang Tahun 2019 dilanjutkan pelepasan balon ke udara dan pembagian 5 bola kaki yang telah ditandatangani, kemudian dilempar kearah kerumunan penonton.@(Feri Humpro DPRD).