Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ketapang Elmantono serta  Sekretaris DPRD Kabupaten Ketapang Drs. Maryadi Asmu’ie hadiri Upacara Penutupan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler  ke 105 Tahun 2019 di Desa Batu Lapis Kecamatan Hulu Sungai Kabupaten Ketapang, Kamis 08 Agustus 2019. Pangdam XII Tanjungpura Mayor Jenderal TNI. Herman Asaribab memimpin jalannya upacara penutupan sebagai Inspektur Upacara yang dihadiri dan  diikuti Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos, Wakil Ketua DPRD Elmantono, Sekretaris DPRD Maryadi Asmu’ie, Pimpinan OPD Kabupaten Ketapang,Camat, Pasukan TNI-AD, Kepolisian, Satpol PP, Masyarakat dan para pelajar.

Dalam Upacara penutupan yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Desa Batu Lapis Kecamatan Hulu Sungai tersebut, DANSATGAS TMMD Dandim 1203 Ketapang Letnan Kolonel Kav. Jami’an menyampaikan laporan pelaksanaan TMMD Pelaksaan Kegiatan TMMD di Desa Sekukun Kecamatan Hulu Sungai terhitung mulai tanggal 10 Juli 2019  sampai dengan 08 Agustus 2019  telah dilakukan berbagai pembangunan berupa fisik maupun non fisik diantaranya membangun Infrastruktur yang ada dilingkungan Desa Sekukun Kecamatan Hulu Sungai. Sasaran fisik pembangunan Jembatan selesai 100 %, selain iitu juga dilakukan

– Rehab,pembuatan MCK, dan pembuatan pagar Gereja Santa Maria Tak Bernoda.

– Rehab, pembuatan MCK dan Pembuatan pagar Gereja Santo Yohanes Komandi.

– Pelebaran dan Perawatan Jalan 

– Pembanguna n Tribun Sepak Bola

– Pengurukan Lapangan Sepak Bola

– Penerangan lampu jalan Solar Cell

– Penyuluhan Wawasan kebangsaan dan Negera

– Penyuluhan Kesehatan Lingkungan

– Sosialisasi Bahaya Kebakaran Hutan dan lahan

– Penyuluhan bahaya Narkoba

“TNI juga melakukan penyuluhan-penyuluhan kepada masyrakat tentang pentingnya cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta Menanamkan rasa persatuan Kesatuan dalam perbedaan Etnis dan juga pengaruh buruk Narkoba terhadap kehidupan berbangsa, bernegara dan lingkungan bermasyrakat,” Ujar Dandim 1203 Ketapang Letkol Kav. Jami’an.

Setelah Laporan pelaksanaan TMMD oleh Dandim 1203 Ketapang acara dilanjutkan dengan Penandatangan Naskah Berita Acara dan Hasil Pelaksanaan TMMD serta penyerahan dari DANSATGAS TMMD Letkol. Kav. Jami’an kepada Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos. disaksikan Pangdam XII Tanjungpura Mayor Jenderal TNI. Herman Asaribab.

Penutupan TMMD Reguler ke -105 Tahun 2019 dinyatakan ditutup secara resmi oleh Inspektur Upacara Mayor Jenderal TNI. Herman Asaribab, Kemudian acara dilanjutkan dengan Penutupan Karya Bhakti Tahun 2019 Kodim 1203 Ketapang.

Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos, dalam Sambutannya mengatakan dengan terbukannya akses jalan dan terselesainya Kegiatan TMMD Karya Bhakti ini, tentunya akan ada dampak positif berupa perkembangnya perekonomian dan sendi-sendi kehidupan Sosial Masyrakat, selain itu diharapkan masyarakat dapat mengembangkan aktifitas dan pontensi berbasis kearifan lokal  yang produktif dan bernilai ekonomis sehingga kedepan desa-desa yang ada di kecamatan Hulu Sungai yang saat ini masih berstatus sangat tertinggal akan dapat menjadi desa berkembang dan maju.

“semoga kedepan Kerjasama Pemkab Ketapang dengan Kodam XII Tanjungpura melalui Kodim 1203 Ketapang dapat terus terjalin dengan baik”ungkap Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos.

Pangdam XII Tanjungpura Mayor Jenderal TNI. Herman Asaribab dalam sambutannya mengatakan bahwa Karya Bhakti ini merupakan suatu kebijakan yang diberikan oleh pimpinan angkatan darat dalam rangka untuk  membantu meringankan beban masyarakat yang mungkin sulit dilakukan oleh masyarakat diwilayah tersebut dan berinterasksi serta bersinergis dengan Pemerintah Daerah.

“Kedepan kami pihak TNI siap untuk membantu apabila diperlukan Pemerintah Daerah dengan harapan Sinergis ini bukan hanya simbolis semata, namun secara fisik, komunikasi didukung dengan kerja yang nyata yg dilakukan secara bersama-sama,” Ujar Pangdam XII Tanjungpura Mayor Jenderal TNI. Herman Asaribab

Penutupan Resmi Karya Bhakti Tahun 2019 Kodim 1203/Ketapang dengan penekanan Tombol Sirine oleh Mayor Jenderal TNI. Herman Asaribab, Bupati Ketapang Martin Rantan,SH.,M.Sos, Wakil Ketua DPRD Ketapang Elmantono, Dandim 1203 Letkol. Kav. Jami’an, Wakil dari Polres Ketapang, Perwira Kodam Tanjungpura XII A.Solihin dilanjutkan Penyerahan Bantuan untuk masyarakat setempat dan Pemotongan Pita Peresmian Jalan oleh Pangdam XI Tanjungpura Mayor Jenderal TNI. Herman Asaribab dan Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos.*(Humpro DPRD)