Acara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)di Ketapang dihadiri Bupati Ketapang Martin Rantan, S.H.,M.Sos., dan Ketua DPRD Ketapang M. Febriadi, S.Sos.,M.Si. Acara yang berlangsung di Kodim 1203 Ketapang, Selasa Pagi 30 Juni 2020 tersebut juga di hadiri Dandim 1203/Ketapang Letkol. Kav. Jami’an, S.I.P., Wakil Bupati Ketapang Drs. H. Suprapto. S.,Kapolres Ketapang AKBP Wuryantono, S.I.K., M.H., Danlanal Ketapang Letkol. Laut (P). Abdul Rajab Bodro A,M,Tr.Hanla , dari Kajari Ketapang , dari Pengadilan Negeri Ketapang, Camat Tumbang Titi, dan sejumlah undangan lainnya.

Dandim 1203/Ketapang Letkol. Kav. Jami’an, S.I.P.,dalam sambutannya mengatakan bahwa TMMD adalah Program TNI Manunggal Membangun Desa yang tidak bekerja sendiri melainkan melibatkan lintas sektoral seperti Polri, Kementerian, Lembaga Non Kementerian dan Pemerintah Daerah, serrta segenap lapisan masyarakat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka menjaga keutuhan NKRI. Kegiatan TMMD juga merupakan suatu upaya TNI membantu pemerintah memberdayakan potensi wilayah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta kesadaran bela negara dalam upaya pemberdayaan wilayah pertahanan dan juga ikut menciptakan kondisi sosial masyarakat yang dinamis dalamrangka mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi berbagai hakekat ancaman.

Dandim 1203/Ketapang Letkol. Kav. Jami’an, S.I.P., juga mengatakan bahwa TMMD Ke-108 ini dilaksanakan selama 30 hari kedepan di Desa Beringin Rayo Kecamatan Tumbang Titi dengan kegiatan sasaran Fisik dan sasaran Non Fisik. Sasaran fisisk diprioritaskan pada pembangunan Infrastruktur, sarana dan prasarana , Fasilitas umum lainnya yang menjadi kebutuhan masyarakat di Desa Beringin Rayo Kecamatan Tumbang Titi Ketapang Kabupaten Ketapang. Sedangkan kegiatan Non Fisik diantaranya Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Rekrutmen Prajurit TNI, Penyuluhan Bahaya Karhutla, Penyuluhan Cegah Tangkal Paham Radikalisme, dan Penyuluhan Pencegahan Penularan Covid-19.

Selanjutnya Dandim 1203/Ketapang Letkol. Kav. Jami’an, S.I.P. juga mengatakan bahwa wawasan kebangsaan dan bela negara yang diarahkan untuk mendorong tumbuhnya Inovasi da Kretivitas Masyarakat Desa guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan social yang lebih maju sejahtera dan mandiri. Semua bentuk kegiatan tersebut sejalan dengan tema TMMD Ke-108 T.A. 2020 yaitu “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”

“Semoga dengan tema TMMD Pengabdian Untuk Negeri ini dapat dijadikan motivasi bagi kita dalam upaya percepatan pembangunan di daerah, sehingga pada saatnya Kabupaten Ketapang secara khusus dapat semakin maju dan sejahtera,” Ujar Dandim 1203 Ketapang Letkol. Kav. Jami’an, S.I.P.

Dandim 1203/Ketapang berharap selama kegiatan TMMD Ke-108, semua pihak yang terlibat langsung dalam kegiatan ini dapat memberikan pengabdiannya dan dapat dipertanggung jawabkan.

Bupati Ketapang Martin Rantan, S.H.,M.Sos., yang membuka secara resmi kegiatan TMMD Reguler Ke-108 Tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Desa Beringin Rayo Kecamatan Tumbang Titi Kabupaten Ketapang dalam sambutannya mengajak kepada segenap anak bangsa di daerah kabupaten ketapang ini untuk dapat dan terus peduli membantu saudara-saudara kita yang terdampak bencana baik akibat pendemi Covid-19 maupun akibat banjir yang baru-baru ini melanda beberapa desa seperti di Kecamatan Jelai Hulu dan Manis Mata. Selanjutnya Bupati Martin Rantan, S.H.,M.Sos., mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan TMMD Tahun 2020 yang akan berlangsung mulai tanggal 30 Juni 2020 ini akan diarahkan pada pembangunan Infrastruktur, sarana prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar di Desa Beringin Rayo.

“Kegiatn TMMD ini harus kita dukung penuh karena diperlukan sinergi antara TNI dengan Rakyat serta Pemerintah Daerah, agar desa dapat menjadi lebih berkembang dan mampu menggali dan mengelola potensi serta mengatasi berbagai isu dan persoalan yang ada di desa dengan tetap bercirikan kearifan lokal,” Ujar Bupati Ketapang Martin Rantan,S.H.,M.Sos.

Bupati Martin Rantan, S.H.,M.Sos., juga mengatakan bahwa Desa Beringin Rayo merupakan salah satu desa berkembang yang tentunya diharapkan melalui TMMD ini dapat membantu mendorong Desa Beringin Rayo menjadi sebuah desa yang lebih maju dan kedepan dapat menjadi sebuah desa Mandiri. Selanjutnya Bupati Martin Rantan, SH.,M.Sos., mengatakan bahwa kegiatan TMMD ini juga akan dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan serta merupakan salah satu contoh kegiatan produktif di masa Pandemi Covid-19 dan dharapkan agar dalam penyuluhan hendaknya dapat pula diberikan edukasi kepada masyarakat desa Beringin Rayo untuk tetap produktif dimasa Pabdemi Covid-19 dengan beraktivitas tetap menjalankan Protokol Kesehatan karena kita sedang berada di masa Tatanan Kehidupan Normal Baru atau New Normal.

Ketua DPRD Ketapang M. Febriadi, S.Sos.,M.Si menyambut baik dilaksanakannya TMMD Ke-108 di Desa Beringin Rayo Kecamatan Tumbang Titi Kabupaten Ketapang yang di lakukan oleh TNI beserta Jajarannya.

“Kita memberikan Apresiasi setinggi-tingginya kepada Dandim 1203/Ketapang beserta Jajaranya, Selamat menjalankan tugas semoga TMMD di Tahun 2020 yang dilaksanakan di Desa Beringin Rayo ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” Ujar M. Febriadi, S.Sos.,M.Si.

Selesai sambutan dari Dandim 1203/Ketapang dan Bupati Ketapang acara Pembukaan TMMD Regelur Ke-108 Kodim 1203/Ketapang dilanjutkan dengan Penandatanganan Naskah Serah Terima Pekerjaan TMMD oleh Bupati Kabupaten Ketapang Martin Rantan, S.H.,M.Sos., kepada Dandim 1203/Ketapang Letkol Kav. Jami’an, S.I.P.*(Humprodprd)